Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Pasaman Barat -  Acara Sakral Penobatan Rajo Kabuntaran Talu Tuanku Bosa ke XV Ir. H. Jhonny ZA. MM. SI  yang dilaksanakan di Rumah Gadang Talu, Kecamatan Talamau  yang Diikuti Oleh Sandiaga Salahuddin Uno Mentri Parekraf dan Nadiem Makarim Menteri Mendikbudristek melalui zoom meeting berjalan dengan lancar.


Selain itu, Penobatan ini juga di hadiri lansung oleh  Mahyeldi Gubernur Sumatera Barat, Dipertuankan Rajo Alam Minangkabau, Wakil Bupati Pasbar, Unsur Forkopimda,  Rajo Bosa Dari Sundata, dan  serta sejumlah Tokoh adat baik dari baik dari dalam maupun dari luar Pasaman Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno, dalam zoom meeting mengatakan bahwa apa yang digelar oleh Nagari Talu dalam penobatan merupakan nilai budaya yang perlu dilestarikan. Dengan nilai budaya dan kearifan lokal yang ada bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.


"Selamat kepada Tuanku Bosa ke XV, ini merupakan salah satu nilai budaya yang perlu dilestarikan,"katanya.

Lebih lanjut,  Samsul Hadi yang mewakili Mendikbudristek Nadiem Makarim juga mendukung apa yang telah dilakukan oleh Nagari Talu, yang telah menjaga tatanan adat di masyarakat. 

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menjelaskan jika Tuanku Bosa memiliki peran yang sangat besar bagi masyarakat di Talu, terutama di bidang pertanian. Tuanku Bosa memiliki peran penting untuk mendukung pemerintah dalam memajukan pembangunan.



"Semoga tekad Tuanku Bosa yang ke XIV bisa dilanjutkan oleh Tuanku Bosa ke XV untuk meneruskan cita-cita demi kemajuan masyarakat adat Talu ,"ungkap Mahyeldi.

Jika ingin menguatkan Minangkabau, lanjutnya, maka harus lebih dahulu dikuatkan nagarinya. Jika nagari sudah kuat maka masyarakat akan sejahtera.

"Begitu juga dengan Sumbar. Jika kabupaten kota lainnya di Sumbar sudah kuat di segala bidang, maka Sumbar juga akan kuat,"ujarnya.



Selain itu, Wakil Bupati Pasbar Risnawanto menjelaskan jika selama ini kolaborasi antara pemerintah dengan Tuanku Bosa Talu sudah berjalan dengan baik. Banyak program yang dijalankan oleh Tuanku Bosa yang membantu pemerintah dari berbagai aspek. Seperti aspek budaya dan aspek ekonomi.

"Tuanku Bosa ini sudah memiliki peran penting dalam memajukan pertanian di Talamau. Semoga kolaborasi dengan Tuanku Bosa ke XV ini bisa berjalan dengan baik,"ujar Risnawanto.



Sementara itu, Raja Kabuntaran Talu Tuanku Bosa ke XV Ir. H. Jhonny ZA. MM. SI mengatakan jika sudah 40 tahun merantau dan tibalah saatnya untuk melanjutkan titah raja. 

"Sudah 40 tahun lamanya di rantau orang, menimba ilmu menambah pengetahuan, berikhtiar mencari reski meninggalkan Talu kota kelahiran tercinta ini. Mujua nan indak dapek diraih, Malang nan indak dapek ditulak, malang dek kami kini dengan berpulangnya ke Rahmatulloh mamanda kami Tuanku Bosa XIV, Dr. H. Fadlan Maalip, SKM,"katanya.

Seiring dengan berjalannya waktu berdasarkan wasiat yang diterima dari mamanda Tuanku Bosa XIV. Sambuik bajawek mamak ka kamanakan manaruihkan niaik nan alun sampai, tokok nan sadang tabangkalai. Mako tibolah masonyo manjalankan titah untuk melanjutkan perjuangannya beliau sebagai Tuanku Bosa ke XV. 


"Saya Ir. H. Jhonny ZA, MM.SI, Tuanku Rajo Johan,  dengan segala kekuatan yang ada, saya ridho dan ikhlas menjalankan amanah dan titah dari beliau. Begitu menerima tugas dan tanggung jawab sebagai pucuak adaik nagari Talu, saya bertekad melanjutkan untuk memantapkan adat dan meningkatkan ekonomi anak nagari Talu meneruskan usaha yang sudah beliau lakukan,"ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut , beliau juga  menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh  lapisan yang telah mendukung dan mensukseskan acara penobatan ini berjalan dengan lancar dan khidmat dan tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid19 dengan ketat.

Dilain tempat, Hj. Nevi Zuairina Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Dapil Sumbar II  mengucapkan selamat atas Penobatan Ir. Jhonny ZA Sebagai Rajo Kebuntaran Talu Tuangku Bosa XV, Semoga dapat meneruskan perjuang cita-cita Tuangku Bosa sebelumnya.


(De)


Top