Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Jakarta-- Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan hanya berfokus pada asupan makanan. Padahal, minuman yang Anda konsumsi juga perlu diperhatikan agar program diet berhasil.

Anda sadari atau tidak, seringkali minuman yang Anda konsumsi mengandung kalori yang berlebihan. Misalnya jus kemasan yang dijual di pasaran.

Untuk memaksimalkan program diet Anda, cobalah lima minuman sehat berikut ini:


  • Air putih


Minum air putih delapan gelas sehari merupakan anjuran dari para ahli medik. Selain menyehatkan, minum air putih juga dapat menekan rasa lapar.

Ketika seseorang merasa lapar terus-menerus, bisa jadi sebetulnya ia hanya haus atau butuh minum. Jadi, usahakan untuk minum satu-dua gelas air putih sebelum makan untuk mengurangi porsi makan.


  • Teh hijau


Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American College of Nutrition, partisipan yang minum empat gelas teh hijau setiap hari selama 2 bulan dapat menurunkan berat badan 2.7 kg lebih banyak dibandingkan dengan partisipan yang hanya minum air putih.

Studi lain dari European Journal of Nutrition menyebutkan bahwa orang yang megonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan berat badan yang lebih cepat. Jika Anda ingin minum teh hijau, sebaiknya pilih teh hijau yang masih segar dan tanpa tambahan apa pun.


  • Kopi


Kopi sering menjadi minuman pilihan di kala kantuk menyerang dan butuh energi. Berdasarkan riset yang dipublikasikan di Journal of Sports Medicine and Physical Fitness, partisipan yang minum kopi sebelum berolahraga memiliki peningkatan stamina dan mampu melakukan latihan 20% lebih tinggi.

Namun, jika ingin minum kopi, pilihlah kopi hitam tanpa krim, sirop, atau tambahan-tambahan kalori lainnya.


  • Susu rendah lemak 


Siapa bilang susu harus dihindari saat berdiet? Susu dikenal tinggi akan kalsium. Mengonsumsi makanan atau minuman berkalsium tinggi tentu sangat baik bagi kesehatan. Pilihlah susu yang rendah lemak untuk menjaga tambahan kalori pada diet Anda. Selain itu, susu juga dapat membuat Anda menjadi lebih kenyang.


  • Jus sayur dan buah 


Memang betul sayur dan buah paling baik dimakan langsung. Namun, terkadang kesibukan yang tinggi membuat Anda tidak lagi sempat menyiapkannya dan lebih memilih jus.

Jus sayuran ternyata sama bernutrisinya dengan jus buah, bahkan kalorinya juga bisa lebih rendah dibandingkan jus buah. Segelas jus tomat mengandung 41 kalori, sementara itu jus jeruk bisa mencapai 122 kalori. Jika ingin membuat jus sendiri di rumah, pilihlah sayur atau buah berserat tinggi untuk membuat Anda lebih kenyang.

Kunci untuk menurunkan berat badan atau diet adalah dengan menjaga pola makan –termasuk memilih minuman sehat– dan berolahraga. Selain itu, yang terpenting adalah niat dan usaha maka lambat laun Anda akan melihat sendiri hasilnya.   (nn/klikdokter)


Top