Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Jakarta-- Menikah bukan hanya sebagai wujud cinta sejati yang sebenarnya. Faktanya, manfaat menikah juga berhubungan erat dengan kesehatan yang lebih sejahtera!
Bukan sekedar mitos, menikah terbukti secara ilmiah dapat mendatangkan kesehatan fisik dan piskologis bagi orang yang melakukannya.
Inilah sederet manfaat menikah bagi kesehatan:

Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Pasangan memiliki pengaruh penting dalam perilaku dan kebiasan sehari-hari. Misalnya dalam masalah makanan dan gaya hidup.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada, pria yang sudah menikah dan mengalami serangan jantung, lebih cepat untuk berobat ke dokter, sehingga angka kematian menjadi lebih rendah.

Hal ini senada dengan penelitian lainnya yang dilakukan di Inggris. Pada penelitian itu disebutkan pasien serangan jantung yang sudah menikah memerlukan waktu perawatan di rumah sakit yang lebih singkat dibandingkan yang belum menikah.


  • Gaya hidup yang lebih baik


Orang yang menikah cenderung memiliki gaya hidup yang lebih baik. Sebab ada yang mengingatkan untuk berolahraga, memilihkan menu makan yang lebih sehat, mengingatkan untuk kontrol ke dokter atau minum obat.


  • Mengurangi stres dan depresi


Seseorang yang hidup sendiri tanpa pasangan cenderung memiliki kehidupan sosial dan dukungan sosial yang kurang baik. Hal ini pada akhirnya dapat memicu stres dan depresi.


  • Kepuasan seksual


Pasangan yang menikah memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih tinggi daripada yang tidak. Selain itu, risiko penyakit infeksi menular seksual juga sangat kecil pada pasangan monogami (hanya memiliki satu pasangan pada pernikahan).


  • Kesehatan tulang


Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnak Osteoporosis International, pria yang menikah memiliki densitas atau kepadatan tulang yang lebih baik dibandingkan pria yang sendiri atau bercerai.

Risiko penyakit kronik, seperti hipertensi, jantung, dan diabetes lebih besar pada pria dan wanita yang tidak menikah atau bercerai. Bahkan, pasangan yang bercerai cenderung memiliki masalah kesehatan yang lebih besar dibandingkan mereka yang hidup sendiri.
Jadi, kapan Anda hendak merasakan sendiri manfaat menikah? Semoga segera, ya!(nn/klikdokter)


Top