Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.JAKARTA - Meski beragam lembaga survei dan hasilnya, tidak ada satupun lembaga survei yang dapat mengubah selera masyarakat untuk memilih calonnya. Hal ini dikatakan CEO PolMark Research Center (PRC) Indonesia, Eep Saefulloh Fatah, dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/1/2017).

Seperti diketahui, pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 tinggal beberapa pekan lagi. Namun sejumlah lembaga survei telah merilis hasil jajak pendapat terkait elektabilitas maupun popularitas tiga pasangan calon yang mengikuti pesta demokrasi tersebut.

"Hasil survei berbeda-beda bukan hanya sekarang, hampir di semua pilkada. Tidak ada lembaga survei berhasil mempengaruhi pemilih untuk mengubah pilihannya," kata Eep.

Agar tidak menimbulkan konflik, Eep pun meminta setiap lembaga survei harus jujur mengungkapkan hasil penelitiannya. Termasuk soal sumber dana dalam melakukan survei.

"Kalau dapat data untuk elektabilitas, langsung itu disebut elektabilitas saja. Kalau dapat dari proses tidak akan memilih pasangan tertentu, ya harus disebutkan," tukas Eep. (nn/okezon)


Top