Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--Lebih baik mencegah daripada mengobati! Kalimat ini cocok untuk menggambarkan pentingnya tes kesehatan secara rutin. Dengan melakukan tes kesehatan, Anda dapat mendeteksi lebih dini penyakit dan mengendalikan kelainan atau masalah lebih awal.

Ingat, gejala penyakit yang tidak diketahui sejak dini dapat berakibat fatal. Pada tahap lanjut, sebuah penyakit akan sulit untuk diobati dan membutuhkan biaya tinggi.

Jika kesehatan Anda terbilang baik, disarankan untuk melakukan tes kesehatan setiap dua tahun sekali. Namun, jika hasil dari tes kesehatan Anda menunjukan hal-hal yang perlu diwaspadai, Anda bisa melakukannya setahun sekali.

Ada berbagai macam tes kesehatan yang ditawarkan di fasilitas kesehatan. Mulai dari tes kesehatan umum hingga tes kesehatan khusus untuk penyakit tertentu. Lalu, apa yang sebaiknya dipersiapkan sebelum menjalani serangkaian tes kesehatan?


  •     Cek riwayat penyakit keluarga


Tanyakan pada orangtua Anda mengenai adanya penyakit turunan dalam keluarga. Misalnya diabetes, hipertensi, hepatitis, HIV, kanker, dan lain-lain. Hal ini penting karena tes kesehatan yang nantinya dipilih dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


  •     Daftar obat-obatan yang dikonsumsi saat ini


Jika Anda rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu, catat dan beritahu tenaga medis yang memeriksa.


  •     Riwayat vaksin terakhir


Jika Anda pernah melakukan vaksin, catat juga dan beritahu tenaga medis yang memeriksa.


  •     Riwayat alergi obat atau makanan


Hal ini perlu disampaikan kepada tenaga medis yang memeriksa. Dengan demikian tes kesehatan bisa dilakukan dengan lebih berhati-hati.


  •     Tidur yang cukup


Cukupi waktu istirahat kurang lebih 7 jam, agar Anda bisa lebih siap dalam menjalani tes kesehatan.


  •     Puasa selama 8-10 jam


Jangan makan dan minum setidaknya 8-10 jam sebelum tes kesehatan. Jika ingin minum, air putih saja diperbolehkan. Selain itu, hindari konsumsi alkohol 24 jam sebelum tes kesehatan.


  •     Perhatikan siklus haid


Pastikan Anda sedang tidak haid sebelum tes kesehatan. Karena jika ada tes urine pada paket tes kesehatan Anda, bisa jadi ada kelainan yang akan ditemukan pada tes tersebut.


  •     Beritahukan jika hamil


Tidak semua pemeriksaan boleh dilakukan oleh ibu hamil. Oleh karena itu, beritahukan kepada tenaga medis mengenai kondisi Anda.

Satu hal yang tak kalah penting: pilihlah laboratorium atau rumah sakit yang profesional, terakreditasi, dan mengutamakan kualitas. Dengan demikian, tes kesehatan Anda dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. Semoga informasi ini membantu.(nn/klikdokter)


Top