Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar seluruh pihak bersiap siaga mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan kesiapan, termasuk dalam melaksanakan operasi dan patroli udara, melakukan hujan buatan, dan water bombing. Hal ini dikatakan presiden Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2017 di Istana Negara, Jakarta, Senin (23/1).

"Mengecek kesiapan, mengecek kesiagaan untuk melakukan operasi udara, patroli udara, hujan buatan, water bombing harus segera cepat dari awal," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa dalam menangani munculnya titik api ataupun kebakaran hutan dan lahan haruslah cepat. Pemerintah, harus segera mengambil keputusan dan cepat bertindak tanpa menunggu adanya api yang lebih besar.

"Sehingga begitu ada indikasi ada tanda-tanda muncul spot segera putuskan apakah perlu rekayasa cuaca, apakah perlu water bombing. Segera putuskan dan segera cepat," kata dia.

 Jokowi meklanjutkan, keterlambatan dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan, biasanya disebabkan oleh masalah prosedur. Ia juga meminta agar kepala daerah segera mengeluarkan surat tanggap darurat begitu titik api terdeteksi. Ia menyampaikan antisipasi sejak dini ini perlu dilakukan untuk meminimalisir angka kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan. (nn/rol)


Top