Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.JAKARTA -Tanggungjawab untuk menjadikan Pilkada berjalan tertib, jujur dan adil bukan hanya ada di KPU. Hal ini dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Juri Ardiantoro, dalam diskusi di Redakdi Okezone, Jakarta, Kamis (5/1/2016).

 Untuk itu, ia mengajak pihak-pihak terkait untuk menyukseskan jalannya Pilkada seretak 2017. Selain KPU, pihak utama yang memegang peran penting adalah para pasangan calon kepala daerah.

"Pihak-pihak tersebut ya pertama selain KPU adalah para pasangan calon dan pendukungnya, karena merekalah yang punya kepentingan untuk mengontrol situasi massa," kata Juri.

Pihak selanjutnya yakni masyarakat sebagai pemilih. Masyarakat dituntut untuk lebih cerdas dan memandang Pilkada sebagai momentum untuk menentukan kepala daerah terbaik. Begitu pula ketika kepala daerah sudah terpilih, maka suara mayoritas tersebut harus dihormati bersama.

Selanjutnya, mengenai jaminan keamanan baik pra maupun pasca pemilihan, Juri menganggap kepolisian sudah memiliki pengalaman cukup saat mengamankan Pilkada serentak 2015 lalu. Terlebih, Pilkada kali ini hanya diikuti 101 daerah, dibanding 269 daerah pada 2015.

"Keamanan sudah dengan sendirinya karena undang-undang sudah mengatur, soal keamanan sudah menjadi tanggungjawab pihak kepolisian, mereka puya kewenangan penuh untuk memanage pengamanan di 101 daerah," tukas Juri. (nn/okezon)




Top