Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.JAKARTA - Jabatan hakim sangat berat sebab harus tahan terhadap berbagai godaan untuk terlibat suap. Sehingga tidak boleh main-main dengan pekerjaan tersebut. Hal dikatakan Pengamat politik dari Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, saat berbincang dengan Okezone, Sabtu (28/1/2017).

"Jadi, menjadi hakim MK harus diperhatikan betul track record, kapasitas, kapabilitas dan narasinya dalam menjalankan trayek konstitusi," Kata Pangi.

Hakim MK harus amanah, apabila sudah diawali dengan rasa takut, maka akan aman dari godaan suap dan praktik korupsi lainnya. Untuk itu, Pangi menekankan agar rasa takut harus ditanam dalam batin.

"Harus belajar dan tak ada lagi kecolongan memilih hakim MK, jangan sampai publik dis-trust terhadap institusi MK, bagaimana memulih dan meningkatkan animo publik, dari dis-trust menjadi trust building. Ini memang tidak gampang, publik sudah mulai tak percaya lagi," paparnya.

 Pangi berharap adanya penagwasan untuk jabatan hakim. Sebab menurutnya Hakim MK sanagt rawan untuk disusupi oleh agenda kepentingan pribadi. Oleh karena itu ia berharap Komisi Yudisial (KY) dan lembaga lainnya dapat memperhatikan para hakim maupun calon hakim. (nn/okezon)


Top