Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911. Simpang Empat --Tim penataan nagari untuk mempercepat Pembangunan sesuai dengan visi pemerintah Daerah salah satunya mensejahterakan Masyarakat Pasaman Barat. Hal inidisampaikan oleh Fahrezi S.IP.MA selaku tim Penataan Nagari Kabupaten Pasaman Barat di Simpang Empat, Senin, 9/1/2017.

Fahrezi mennjelaskan bahwa saat ini kabupaten Pasaman Barat memiliki nagari atau setingkat Desa dengan jumlah yang paling sedikit dari daerah lain. Jika di hadapkan dengan proses pelayanan akan membutuhkan waktu panjang sehingga tidak efektif, salah satu contoh warga si Gantang yang hendak mengurus administrasi harus ke Silaping  dan hal tersebut membutuhkan biaya yang cukup tinggi yakni kisaran Rp. 50.000,-

“Penataan Nagari bertujuan mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat,  yang biasanya masyarakat jauh , namun jika penataan ini terlaksana dengan baik , makan akan mempermudah masyarakat Selain itu, tujuan penataan nagari ini juga berdampak positif terhadap percepatan pembangunan” ujar Fahrezi.


Penataan nagari sesuai undang-undang desa, yaitu bantuan dana desa atau setingkat nagari rata-rata, 1 nagari mendapatkan bantuan Rp. 1 Milyar atau bisa lebih sesuai dengan jumlah penduduk dan luas wilayah.  Pemekaran nagari tidak akan menyebabkan pemekaran terhadap wilayah adat,  karena tidak adanya istilah pemekaran nagari melainkan Penataan Nagari. Jelas fahrezi

Tim penataan nagari terdiri dari Bupati Pasaman Barat Drs. H Syahiran. MM Penanggung Jawab,  Sekda Pasbar H Manus Handri. SH (Ketua), Kabag Pemnag Yonnisal (sekretaris), Pamong Senior Drs. Zambri dan Drs. Yulrizal Bahri Serta Akademisi dan Perencanaan Pembangunan Helju Septi Tuhari. SP dan Fahrezi S.IP. MA. (de)




Top