Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--Jangan langsung sedih kalau Anda sering ngorok atau mendengkur. Penanganan yang tepat akan membantu Anda menghilangkan kebiasaan buruk itu.

Ini tip medis menghentikan kebiasaan mendengkur:


  •   Hindari lelah berlebihan


Kelelahan dapat menyebabkan Anda masuk ke tahap tidur yang dalam. Di saat yang sama, otot menjadi lebih lemah, sehingga dengkuran lebih mudah timbul.


  •   Ubah posisi tidur


Hindari tidur dengan posisi telentang. Sebab, pangkal lidah akan jatuh ke dinding belakang kerongkongan dan menimbulkan suara bergetar. Tidur dengan posisi miring akan membantu Anda mencegah hal ini terjadi. Jika Anda masih mendengkur setelah melakukan perubahan posisi tidur, mungkin ada sumbatan yang lebih serius.


  •     Turunkan berat badan


Menurunkan berat badan dapat secara efektif mengurangi kebiasaan mendengkur. Berat badan berlebih menyebabkan peningkatan lemak pada daerah leher yang menekan diameter internal kerongkonan, sehingga rongga leher menyempit dan menyebabkan suara dengkuran.


  •     Hindari Konsumsi alkohol


Alkohol dapat mengurangi kontraksi otot bagian belakang kerongkongan. Konsumsi alkohol 4-5 jam sebelum tidur akan memperberat dengkuran.


  •         Buka rongga hidung


Di saat pilek, rongga hidung akan tersumbat. Kondisi ini menyebabkan udara yang keluar membentuk suara dengkuran. Mandi air panas sebelum tidur dapat membantu mengatasi hidung yang tersumbat. Anda juga bisa membilas rongga hidung dengan air garam.


  •     Ganti perangkat tidur secara berkala


Tungau debu yang berakumulasi di bantal, kasur atau guling dapat mencetuskan reaksi alergi, yang menyebabkan Anda mendengkur. Karena itu, sebaiknya Anda ganti seprai, bantal, guling dan selimut secara berkala.


  •     Cukup minum


Ketika tubuh kekurangan cairan, sekret hidung akan menjadi lebih kental. Jika dibiarkan, kejadian ini akan menyebabkan Anda mendengkur saat tidur. Untuk mengatasinya, pastikan kebutuhan cairan harian Anda terpenuhi.

Itulah 7 tip medis untuk mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan mendengkur Anda. Jika setelah melakukan tip di atas dengkuran masih saja terjadi, segera bawa diri untuk berkonsultasi ke dokter. (nn/klikdokter)


Top