Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--Cara mudah mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan kontrasepsi. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang enggan menggunakannya. Alasannya karena enggan berat badannya naik.

Sebenarnya, penggunaan kontrasepsi sudah sejak lama dianjurkan lewat program Keluarga Berencana (KB) dari pemerintah. Tujuan program ini sendiri adalah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang tinggi.

Jenis kontrasepsi yang ditawarkan ke masyarakat saat ini ada dua macam. Pertama, kontrasepsi yang mengandung hormon (hormonal) –seperti pil KB, KB suntik, KB implant, dan IUD. Kedua, kontrasepsi yang tidak mengandung hormon –seperti kondom.

Permasalahan yang kemudian muncul adalah adanya dampak penggunaan kontrasepsi pada peningkatan berat badan. Ini biasanya banyak terjadi pada pengguna kontrasepsi hormonal. Sebab, jenis kontrasepsi ini dapat menimbulkan retensi cairan pada tubuh.

Penggunaan KB suntik memang telah terbukti dapat menambah berat badan seseorang. Namun kenaikan berat badan pengguna jenis kontrasepsi ini lebih banyak dialami oleh wanita muda yang memiliki masalah berat badan berlebih.

Selain itu juga bisa terjadi pada 25% pengguna di enam bulan pertama. Kenaikan berat badan biasanya mencapai 5%. Dan jika penggunaan KB suntik terus dilanjutkan, maka kenaikan yang lebih banyak dapat terjadi.

Meski demikian, tidak semua kontrasepsi hormonal terbukti dapat menaikkan berat badan. Beberapa penelitian tidak menemukan kaitan antara penggunaan pil KB dengan kenaikan berat badan.

Biasanya, pil KB dikonsumsi di usia dewasa. Padahal, perubahan tubuh –termasuk kenaikan berat badan terjadi secara alami dari remaja ke dewasa. Itulah sebabnya banyak yang menyalahkan pil KB sebagai penyebab kenaikan berat badan. Selain itu, metode KB jangka panjang –seperti penggunaan KB implan, tidak terbukti menambah berat badan.

Tapi sebenarnya Anda tak perlu bingung dalam memilih kontrasepsi. Anda dapat mempertahan berat badan agar tetap ideal sekalipun memilih jenis kontrasepsi hormonal seperti KB suntik. Caranya?

Diet sehat dan olahraga secara teratur. Ya, sebenarnya kedua hal tersebut memang sebaiknya menjadi bagian dari gaya hidup setiap orang –termasuk para pengguna kontrasepsi. Tak hanya menjaga tubuh tetap sehat, tapi juga menghindarkan Anda dari masalah berat badan berlebih.

Jangan gemuk gara-gara kontrasepsi. Ingat, tak semua kontrasepsi bisa bikin gemuk. Anda bisa mengkonsultasikan pilihan Anda dengan dokter. Sehingga, Anda dapat menunda kehamilan dan berat badan tetap terjaga.(nn/klikdokter)


Top