Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.InfoSehat-Kacamata adalah alat bantu yang sangat berguna bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan. Alat ini harus diganti secara berkala, menyesuaikan kondisi mata penderitanya.

Bagi Anda yang mengalami gangguan penglihatan, memeriksakan mata hanya satu kali dan memakai kacamata dengan resep dokter saja rupanya belum cukup. Apalagi jika Anda mengalami gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, ataupun astigmatis.

Inilah tanda-tanda kapan saatnya memeriksakan diri lagi dan mengganti kacamata Anda:


  •     Sudah setahun sejak terakhir periksa mata

Ada atau tidaknya keluhan, sebaiknya Anda rutin memeriksakan mata setiap satu tahun sekali. Jika rutin memeriksakan diri, resep kacamata Anda akan semakin stabil, dan frekuensi yang tadinya 1 tahun ini bisa menjadi 2 atau 3 tahun sekali.

Memakai kacamata dengan ukuran yang tidak lagi sesuai dengan kebutuhan dalam jangka panjang dapat berdampak buruk bagi mata Anda. Kenali tubuh Anda sekarang juga.

  •     Sering pusing atau mual

Mata memiliki mekanisme untuk memfokuskan pandangan pada satu titik, yang dilihat pada jarak tertentu. Pada orang dengan gangguan penglihatan, mekanisme ini menuntut otot mata bekerja lebih keras untuk membuat pandangan tetap fokus.

Jika kacamata yang Anda gunakan tidak lagi sesuai dengan kebutuhan mata, maka otot mata akan bekerja lebih berat. Dengan demikian, maka Anda akan merasakan rasa lelah pada mata, pusing atau nyeri kepala.

Tentu saja pusing tidak selalu berarti Anda membutuhkan resep kacamata baru. Tetapi ini bisa menjadi salah satu tandanya.

  •     Sering memicingkan mata karena pandangan yang kabur

Memicingkan mata adalah bentuk penyesuaian untuk memaksimalkan mekanisme fokus pandangan, dengan mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Anda sering melakukannya?

Ya, orang dengan gangguan penglihatan biasanya akan reflek memicingkan matanya untuk melihat sesuatu, karena pandangan yang kabur. Jika Anda sudah menggunakan kacamata namun masih melakukan tindakan ini, berarti Anda butuh kacamata baru.

Jangan anggap sepele keluhan-keluhan kecil yang Anda rasakan. Bisa jadi kondisi tersebut adalah cara tubuh meminta perhatian lebih dari Anda. Salam sehat!  (nn/klikdokter)


Top