Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.MEUREUDU – Proses rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan yang rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, harus dipercepat. Hal ini dikatakan Bupati nonaktif Aceh Tengah, Nasaruddin, di Pidie Jaya, Sabtu 10 Desember 2016.
"Masa tanggap darurat masih berlanjut terhitung sejak hari pertama gempa sampai 14 hari ke depan. Setelah itu rehap-rekonnya harus segera dilakukan," kata Nasaruddin.

Nasaruddin menceritakan pengalamannya tentang penanganan korban gempa ketika melanda Aceh Tengah pada 2013. Begitu terjadinya musibah lalu fokus pada masa tanggap darurat dengan berupa menyiapkan lokasi pengungsian yang baik dan bantuan sandang serta pangan yang memadai.

"Di posko pengungsian air bersih harus dipastikan tercukupi dan pelayanan kesehatan untuk para korban juga harus dioptimalkan," sarannya ketika mengantarkan sejumlah bantuan sembako seperti sandang dan pangan.

Ia mengatakan bahwa selama masa tanggap darurat, diperlukan koordinasi yang baik dengan lintas sektor yang terlibat dalam penanganan korban gempa harus dilakukan berbarengan sampai berakhirnya masa tanggap darurat.

Ia juga menyarankan proses rehabilitasi fasilitas publik seperti rumah ibadah, sarana pendidikan, dan fasilitas kesehatan juga harus diutamakan agar pelayanan terhadap masyarakat segera pulih. (nn/okezon)


Top