Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


Diet ketat dan olahraga sudah dilakukan, tetapi perut tetap buncit. Apa yang salah? Coba ingat-ingat, selama ini mungkin Anda kurang banyak makan serat. Atau stres dengan pekerjaan di kantor.

Banyak hal yang dapat memicu perut buncit. Tapi bukan berarti Anda tak bisa melakukan apapun. Untuk membasmi perut buncit, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  • Hindari stres

Stres dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon yang diduga menyebabkan lemak terkumpul di bagian perut. Untuk menjaga agar hormon kortisol tetap terjaga, cari sesuatu yang dapat menghilangkan stres. Misalnya, berjalan-jalan atau melakukan teknik relaksasi.

  • Hindari alkohol

Segelas minuman beralkohol ditambah dengan makan malam akan membuat perut semakin buncit. Hal ini juga diperkirakan berhubungan dengan hormon kortisol dalam tubuh.


  • Berhenti merokok

Sama seperti yang terjadi pada kedua poin di atas, hormon kortisol juga akan meningkat pada perokok aktif.

  • Makan lebih banyak serat

Selain bagus untuk menurunkan berat badan dan mencegah sembelit, serat juga dapat mencegah perut buncit. Untuk mendapatkan fungsi maksimalnya, konsumsi serat sebanyak 22 hingga 25 g serat per hari secara teratur.

  • Latihan kardio

Latihan kardio seperti berlari atau berjalan cepat dapat menghilangkan lemak di semua bagian tubuh, terutama lemak perut. Aerobik selama 45-60 menit, 5 kali seminggu dapat mengurangi ukuran perut secara signifikan dalam waktu 1 bulan.

  • Tarik perut sesering mungkin

Lakukan ini sesering mungkin. Beberapa hari setelahnya, mungkin akan terasa nyeri di perut. Namun, jika sudah terbiasa, hal ini tidak akan menjadi masalah besar.

  • Kurangi berat badan

Dengan berkurangnya berat badan, secara otomatis ukuran pinggang akan mengecil. Karena itu, jangan lupa berolahraga selama 20 menit setiap harinya.

  • Berdiri selama mungkin

Merasa tidak punya waktu karena sibuk ngantor? Sempatkan untuk berjalan dan berdiri, setidaknya setiap 30 menit sekali. Duduk terus-menerus tidak baik bagi kesehatan dan berkontribusi terhadap perut buncit.
(klikdokter)


Top