Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


 


SuryaNews911.BOGOR -- Sarapan pagi masih dianggap sepele oleh sebagian besar masyarakat. Padahal pada pagi hari, nutrisi pada makanan lebih mudah terserap sebagai energi untuk beraktivitas. Kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Kota Bogor, Edi Dharma.

Edi mengatakan bahwa banyak manfaat yang didapat dengan sarapan pagi. Selain untuk sumber energi kegiatan di pagi hari, sarapan juga dapat memperbaiki mood atau perasaan seseorang. Jika seseorang beraktivitas sebelum sarapan kecenderungan emosinya akan labil, Berbeda dengan orang yang mengkonsumsi sarapan, dimana emosi menjadi lebih stabil.

“Mood manusia juga dipengaruhi dari sarapan. Sarapan juga bisa mengendalikan berat badan karena saat makan siang bisa lebih selektif memilih makanan,” kata Edi.

Namun sebaliknya, jika tidak sarapan metabolisme tubuh bisa terganggu yakni glukosa menjadi rendah yang membuat asam lambung naik dan menjadi maag kronis. Menurut Edi sebaiknya orang tua sudah mempersiapkan masakan sejak malam yang bisa dimakan saat sarapan.

“Ibu harus bisa menyiapkan waktu sarapan bersama keluarga. Jangan sampai membiarkan anak sekolah dengan perut kosong alias lapar saat belajar,” kata Edi mebambahkan. (nn/rol)


Top