Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.InfoSehat--Tekanan darah yang normal adalah kurang dari 120/80 mmHg. Siapa saja yang tekanan darahnya secara konsisten pada 140/90 mmHg, dikatakan memiliki hipertensi.

Para ahli telah memperingatkan, hipertensi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner, stroke, gagal jantung, penyakit pembuluh darah perifer, kehilangan penglihatan dan penyakit ginjal kronis. Tapi, mengambil langkah-langkah, seperti makan makanan sehat, berolahraga teratur, tidak merokok dan minum alkohol, dapat mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

Selain membuat perubahan gaya hidup, ada juga solusi alami yang dapat membantu mengontrol tekanan darah secara efektif, bahkan tanpa obat. Berikut solusi alami yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi seperti dilansir Zeenews, Sabtu (5/11/2016):

Lemon

Lemon membantu menjaga pembuluh darah tetap lancar dengan mencegah kekakuan, sehingga menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jaantung.

Bawang putih

Bawang putih adalah ramuan ajaib yang telah digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, di mana ini merupakan salah satu penyebab utama hipertensi. Bawang putih mengandung hidrogen sulfida yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan bermanfaat dalam mencegah penyakit pembuluh darah yang terjadi dengan penuaan dan diabetes.

Daun seledri

Seledri dapat mengurangi tekanan darah, karena adanya 3-N-butyphthalide di dalamnya. Senyawa fitokimia tersebut yang membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

Pisang

Pisang kaya akan kalium yang merupakan mineral penting untuk mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan, mengonsumsi pisang setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.(nn/okezon)   




Top