Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.JAKARTA - Komunikasi politik yang terjalin belakangan ini antara elit menyampaikan pesan bahwa masyarakat kalangan bawah harus juga bersikap damai. Kata Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat.

Diketahui sebelumnya bahwa untuk menghadapi demonstrasi 4 November 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Karena di tingkat elit sudah menunjukkan pesan perdamaian, Cecep berharap demonstrasi hari ini berlangsung santun serta dijadikan sebagai festival ide atau gagasan.

"Kita harus taat aturan, semua elemen bangsa. Kita gunakan hak kita besok (hari ini) secara santun, baik-baik saja dan jadikan sebagai festival ide gagasan," kata Cecep dalam diskusi live streaming Redbons: Salam Damai Demo 4 November di Kantor Redaksi Okezone, Gedung MNC News Center Lantai 12, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

Dengan latar belakang isu agama yang sensitif, dan pengerahan massa yang begitu banyak, demo memang berpotensi untuk berujung kerusuhan.

Ia pun mengimbau masyarakat tidak terprovokasi dengan pihak-pihak yang mencuri kesempatan dengan menjadikan kasus ini panggung bagi kepentingan mereka.

"Masing-masing kan berusaha membangun komunikasi dengan mitra, lawan politik, dengan berbagai kepntingan. Ini kan elit bisa menbciptakan opini publik, kalau dilihat dari sisi positif," ujarnya.

Cecep mengatakan, belajar dari pengalaman ini bahwa seorang politisi memang harus berhati-hati menggunakan lidah. Karena bagi poltisi, jika sudah melakukan kesalahan, seringkali bukan sanksi hukum saja yang didapat tetapi juga sanksi sosial. (nn/okezon)


Top