Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--DIABETES salah satu penyakit silent killer yang mengancam nyawa penderitanya. Jika tidak mengontrol kadar gula darah di batas normal, Anda akan terancam oleh penyakit komplikasi yang cepat mematikan.
Spesialis Penyakit Dalam dr Sandra Utami SpPD mengatakan, diabetes penting diwaspadai siapa saja. Karenanya, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi di bagian organ dalam tubuh lainnya.

Pada kesempatan itu, dr Sandra menjelaskan empat komplikasi yang umum dialami pasien diabetes. Simak penjelasan berikut ini supaya Anda bisa mengontrol diri untuk mencegah diabetes.

Ginjal

Kadar gula tidak terkontrol juga dapat mengganggu ginjal. Fungsi ginjal si penderita diabetes menjadi menurun, sampai akhirnya menjalani cuci darah bila tidak segera diatasi.

Diabetik retinopati

Penderita diabetes bisa mengalami kebutaan permenan. Jika kadar gula darah seseorang tidak normal, retina mata bisa rusak. Penyakit ini dikenal dengan istilah diabetik retinopati yang juga menjadi satu kebutaan tertinggi di Indonesia.

Penyakit kardiovaskular

Sebanyak 80 persen serangan jantung dipicu oleh kadar gula darah yang tinggi. Pasien diabetes juga kerap mengalami komplikasi jantung yang menimbulkan kematian lebih cepat.

Otak

Penderita diabetes juga berisiko dua kali lipat menderita stroke jika tidak mengubah gaya hidupnya. Penyakit ini mematikan saraf pembuluh darah dan otak yang menyebabkan pasien lumpuh.(nn/okezon)


Top