Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.BANDA ACEH – Musim penghujan yang sedang melanda hampir seluruh wilayah di Aceh, menyebabkan tanah di gunung dan bukit menjadi labil. Akibatnya longsor berpotensi besar terjadi. Kata Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologinews, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang, Aceh Besar Zakaria.

Zakaria mengatakan bahwa puncak musim penghujan kali ini akan berdampak pada tidak stabilnya kepadatan tanah di perbukitan maupun gunung.

“Pegunungan atau bukit yang kemiringannya di atas 45 derajat sangat rawan longsor karena hujan terus menerus selama beberapa waktu terakhir sampai sekarang,” kata Zakaria saat dihubungi dari Banda Aceh, Jumat (18/11/2016).

Zakaria menyebut, di wilayah Aceh sendiri, sejumlah pegunungan yang dianggap rawan longsor seperti Gunung Paro, Kulu, Gerute, hingga jalan lintas Takengon menuju Nagan Raya. Selain itu, hampir di seluruh pegunungan di Aceh memiliki potensi yang sama.

Sementara itu, hujan diperkirakan akan terjadi hingga akhir tahun di Aceh. Untuk itu Zakaria juga mengingatkan agar seluruh masyarakat waspada ancaman banjir yang terus menghantui seluruh daerah di Serambi Mekkah.

“Hujan terus terjadi serta angin kencang, akibat hembusan angin yang membentuk awan sibi hingga menyebabkan hujan dan bahkan petir. Sebelum hujan biasanya akan terjadi angin kencang terlebih dahulu,” pungkasnya. (nn/okezon)


Top