Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--Banyak keuntungan yang bisa dirasakan jika rutin berenang. Aktifitas fisik berbasis air ini melibatkan banyak otot untuk bergerak sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Tak hanya membakar kalori, memperbaiki sistem pernapasan dan mendukung pertumbuhan tinggi badan. Ada sejumlah manfaat renang lainnya yang belum banyak diketahui. Berikut ulasan selengkapnya, seperti dikutip Mensxp, Sabtu (5/11/2016).

Meredakan stres

Kegiatan berenang dapat melibatkan tubuh untuk basah terkena air dan ternyata dapat memengaruhi suasana hati (kecuali bagi mereka yang tidak suka renang). Renang juga dapat melepas endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik dan menetralisir perasaan depresi.

Mengatasi penyakit kardiovaskular

Untuk mengobati penyakit kardiovaskular, berenang bisa dapat mengatasinya. Pasalnya kegiatan ini melibatkan hampir semua otot untuk bekerja dan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengikis lapisan kolesterol atau racun di dalam pembuluh darah.

Meningkatkan fleksibilitas, postur dan keseimbangan

Fleksibilitas mengacu pada kemampuan gerak tangan, kaki, leher dan punggung. Seiring bertambahnya usia, fleksibilitas tubuh ini dapat berkurang. Renang yang dapat memaksimalkan semua otot untuk bergerak aktif dan meminimalisir risiko fleksibilitas menurun. Selain itu, renang dapat membentang serat otot dan ligamen. Dengan begitu, postur tubuh dan keseimbangan menjadi lebih baik.

Olahraga paling cocok untuk segala penyakit serius

Banyak orang yang tidak bisa olahraga rutinkarena keterbatasan dana (nge-gym) dan kondisi penyakit tertentu. Namun perlu diketahui, olahraga renang sesungguhnya cocok bagi mereka yang menderita segala macam penyakit serius mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Latihan berbasis air disarankan untuk mereka yang cacat fisik juga. Karena dapat memperbaiki keseimbangan tubuh. Bagi mereka yang bosan dengan rutinitas di pusat kebugaraan, kegiatan renang juga dapat menawarkan kesempatan untuk bereksperimen untuk melatih otot lainnya.   

Membantu pembentukkan otot

Renang dapat meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan. Pasalnya ketika otot bekerja secara bersamaan, maka hal itu dapat merangsang pembentukan otot.(nn/okezon)




Top