Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--Jus merupakan salah satu asupan nutrisi tambahan yang juga dapat dinikmati oleh ibu hamil. Selain sehat, jus juga mengandung banyak vitamin di dalamnya. Oleh karena itu, jus merupakan salah satu asupan nutrisi tambahan yang baik bagi ibu hamil.

Namun, jenis jus seperti apa yang dapat dikonsumsi selama kehamilan?

Berikut variasi jus sehat untuk ibu hamil:
1. Jus Apel

Jus apel merupakan salah satu jus sehat selama kehamilan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, apel dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu beberapa hal, yakni:

   Membantu wanita hamil yang mengalami gangguan tidur
   Membantu meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh
    Memberikan nutrisi bagi kulit

2. Jus Wortel

Jus wortel merupakan jus sehat untuk ibu hamil karena mengandung karoten, kalsium, zat besi, potasium, dan vitamin B yang berperan dalam perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, jus wortel juga mengandung magnesium yang berperan untuk membantu mengatasi masalah gangguan tidur saat hamil

Manfaat jus wortel adalah sebagai berikut:

    Dapat mengurangi tekanan darah
    Membantu memperlancar proses pencernaan
    Membuat kulit menjadi tinggi kadar airnya
    Membantu mengatasi gangguan tidur

3. Jus Anggur

Anggur memiliki banyak vitamin, dan kandungan lain di dalamnya. Kandungan inilah yang membuat anggur sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Berikut ini kandungan dalam anggur dan masing-masing kegunaannya:

Vitamin yang ada pada anggur adalah vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh
 Beta karoten berperan membantu pembentukan mata
 Kalsium untuk membentuk tulang yang kuat pada janin
 Zat besi untuk mencegah anemia selama masa kehamilan
 Magnesium membantu dan melancarkan sistem pencernaan selama kehamilan
 Asam folat untuk mencegah kelainan otak dan tulang belakang pada janin
 Omega 3 dan DHA yang berperan dalam membentuk sel saraf pusat janin

4. Jus Jeruk

Jus jeruk merupakan jus sehat yang sangat penting untuk dikonsumsi selama kehamilan. Namun, Anda juga jangan terlalu berlebihan mengonsumsi jus jeruk ini karena dapat memicu terjadinya heartburn.

Jeruk memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, misalnya:

Memiliki kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk                meningkatkan daya tahan tubuh
Membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh jika dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan yang mengandung zat besi
Jeruk merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung asam folat, yang tentunya merupakan nutrisi yang sangat penting selama masa kehamilan untuk mencegah terjadinya kelainan saraf pada janin, seperti neural tube defect.

5. Jus Delima

Jus delima baik untuk ibu hamil karena mengandung asam folat dan vitamin C. Seperti yang sudah diketahui bahwa asam folat merupakan nutrisi esensial yang sangat penting saat masa kehamilan untuk mencegah risiko terjadinya NTD (Neural Tube Defect) atau kelainan pada otak dan tulang belakang.

Selain itu, asam folat juga sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah terjadinya anemia. Hal ini disebabkan karena asam folat berperan dalam produksi sel darah merah. Sedangkan vitamin C berperan dalam penyerapan zat besi di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya anemia saat kehamilan. (nn/klikdokter)


Top