Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com, Info Sehat -- Roti merupakan bahan makanan yang usia kesegarannya cukup pendek. Ditambah dengan cara penyimpanan yang salah, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada roti yang lembut, segar, dan menggiurkan.

Cara menyimpan roti memang sedikit berbeda dengan makanan segar lainnya. Jika disimpan di kulkas, roti justru menjadi cepat basi. ‘Basi’ pada roti itu berarti kering dan mengeras sebelum akhirnya berjamur.

Saat roti disimpan di tempat bersuhu dingin (namun tidak sampai beku), terjadi percepatan proses rekristalisasi pati yang membuat roti menjadi semakin cepat keras dan basi. Berbeda halnya jika disimpan dalam freezer. Pembekuan justru akan menghambat proses rekristalisasi tadi.


Jadi, bagaimana cara terbaik menyimpan roti? Beli roti tawar kemasan –biasanya masih dalam plastik yang bersegel. Selama roti berada dalam plastik kemasan dan tertutup rapat (belum dibuka), roti memiliki usia kesegaran yang lebih panjang.

Jika Anda sudah membuka plastiknya, cara terbaik untuk menyimpannya adalah dengan melipat plastik dan membaliknya sehingga lipatan plastik berada di bawah roti. Hal ini akan membuat aliran udara tidak masuk ke dalam kemasan.

Anda juga bisa menyimpan roti di dalam freezer dengan dibungkus kertas atau plastik dan alumunium foil. Jika Anda ingin mengonsumsi roti dari freezer, hangatkan dengan membiarkannya di suhu ruangan atau panaskan di oven.(klikdokter)


Top