Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.JAKARTA -Posisi Jaksa Agung yang sempat merangkap menjadi politikus, menjadi salah satu alasan Indonesia Corruption Watch (ICW) memberikan rapor merah atas kinerjanya. Kata Pengamat hukum pidana Chairul Huda, kepada Okezone, Minggu (20/11/2016).

"Ya memang sepertinya Jaksa Agung tidak bisa melepaskan kenyataan bahwa beliau sebelumnya adalah politikus," ujarnya.
Banyak kebijakan kejaksaan tentunya tidak lepas dari pengaruh Jaksa Agung yang menunjukkan adanya nuansa politik dalam melakukan penegakan hukum. Oleh karena itu, Chairul mencontohkan kasus yang dinilai dipilih oleh HM Prasetyo.

"Yang sangat mencolok dalam eksekusi terpidana mati yang terkesan pilih-pilih. Dari sekianbelas disiapkan akhirnya hanya dieksekusi 4 orang (Kasus terpidana narkoba yang dieksekusi mati)," paparnya.

Selain itu, Pakar dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menegaskan bahwa rapor merah yang diberikan ICW memang pantas untuk HM Prasetyo.

"(Banyak kasus) yang sudah sekian kali memenangkan praperadilan tapi tetap ngotot ditetapkan sebagai tersangka dan dibawa ke pengadilan. Juga kasus Dahlan Iskan dan Mobile-8 tidak lepas dari politisasi. Jadi, saya sependapat dengan ICW" tutupnya.  (nn/okezon)


Top