Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--SAYURAN lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah karena dapat mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun perlu diketahui, ada sejumlah sayuran yang justru lebih kaya nutrisi setelah dimasak. Penasaran?
Aneka sayuran tersebut diantaranya tomat, brokoli dan wortel. Berikut pemaparan selengkapnya seperti dikutip Verywell, Minggu (27/11/2016),

Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, serat, vitamin, antioksidan dan mineral. Ketika wortel dimasak maka nilai gizinya meningkat. Konsentrasinya bertambah sehingga terdapat karotenoid, polifenol, glucosinolates dan vitamin C dan meningkat sekira 14 persen.

Namun perlu diketahui, untuk mendapatkan nilai gizi yang sudah disebutkan tadi wortel sebaiknya dimasak selama 20 menit pada suhu 130 derajat Celcius.   

Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan lycopene. Sejumlah peneliti membuktikan tomat yang dimasak akan lebih bernutrisi.

Peneliti menguji dengan memasak tomat dengan suhu 88 derajat Celcius selama 15 menit dan 30 menit. Hasil menunjukkan ada perbedaan yang cukup signifikan dengan kadar lycopene yang terkandung.

Untuk hasil yang lebih maksimal, cara masak tomat dengan mengkukus atau merebusnya akan lebih optimal.

Brokoli

Dibandingkan dengan brokoli mentah, brokoli yang sudah dimasak lebih kaya nutrisi. Sayuran hijau ini mengandung antioksidan, phytochemical karotenoid, lutein, polifenol dan glucosinolates.

Ketika brokoli dimasak pada waktu dan suhu yang tepat maka dapat memaksimalkan pelepasan karotenoid.

"Protein karetonoid dan antioksidan akan lebih tinggi terkonsentrasi jika dimasak sampai matang," tertulis dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.(nn/okezon)


Top