Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat






SuryaNews911. JAKARTA – Pernah merasa depresi atau merasa cemas dalam menjalani kehidupan? Jika iya, maka segeralah hilangkan perasaan itu. Berbagai studi telah membuktikan, baik depresi maupun cemas berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya telah diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE.

Dilansir Boldsky, Ahad (27/11), para peneliti menemukan depresi pada generasi muda seringkali diikuti penyakit arthritis dan masalah pencernaan. Rasa cemas berlebihan juga bisa menimbulkan masalah pada kulit. Hal-hal ini membuktikan, gangguan mental jelas menjadi pemicu masalah kesehatan fisik pada semua orang.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Marion Tegethoff bersama Profesor Gunther Meinlschmidt dari Universitas Basel di Swiss telah meneliti perihal ini. Mereka mencoba menganalisis hubungan antara penyakit fisik dan gangguan mental pada usia anak maupun remaja. Sebanyak 6.483 remaja dari Amerika Serikat dari usia 13 sampa 18 tahun telah diteliti oleh para ilmuwan.

Dari hasil penelitian tersebut, ilmuwan mencatat beberapa penyakit cenderung lebih sering muncul pada anak-anak dan remaja yang sebelumnya mengalami gangguan mental tertentu. Begitupula sebaliknya, gangguan mental timbul setelah adanya penyakit fisik tertentu. Hasil ini membuktikan adanya hubungan antara gangguan mental dan penyakit fisik.(nn/rol)


Top