Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--Di Indonesia,  angka kejadian bayi lahir mati berjumlah 15 dari 1000 kehamilan hidup. Artinya, 1 dari 67 ibu kehamilan di Indonesia mengalami kejadian bayi meninggal di dalam kandungan.
Kejadian lahir mati dapat dicegah dengan menghitung gerakan janin, mengenali polanya, dan selalu waspada. Bila pola berubah dari biasanya, segera ambil tindakan.

Berikut adalah hal yang harus dilakukan bila merasa gerakan janin berkurang atau ditemukan adanya perubahan:

1. Berbaringlah dalam posisi miring kiri, dan fokus pada gerakan janin selama 2 jam. Bila Anda tidak merasakan >10 gerakan, segera hubungi dokter atau bidan terdekat.

2. Jangan pernah sepelekan tidak ditemukannya gerakan janin. Jangan mengandalkan perlengkapan apa pun yang Anda miliki untuk mendengarkan detak jantung janin.

Penanganan yang diberikan bergantung pada usia kehamilan Anda. Bila setelah diperiksa semuanya baik, Anda dianjurkan untuk tetap memerhatikan gerakan janin di rumah.

Bila gerakan janin kembali berkurang, segera hubungi dokter atau bidan kembali. Jangan segan-segan untuk menghubungi dokter atau bidan sekalipun hal ini sering terjadi. Lebih baik waspada daripada menyesal di kemudian hari.(nn/Klikdokter)


Top