Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911.InfoSehat--Tak hanya berfungsi sebagai indera perasa, lidah juga dapat mendeteksi adanya penyakit tertentu.

Dalam kondisi sehat, lidah berwarna merah muda dengan tekstur agak kasar. Namun jika menemukan tanda-tanda berikut ini, hal itu menandakan penyakit yang kemungkinan dialami. Berikut ulasan selengkapnya;

Demam dan dehidrasi

Demam dan kekurangan cairan (dehidrasi) dapat mengubah warna lidah jadi terlihat kekuningan atau merah muda pucat. Kenali tanda-tandanya agar penanganan yang tepat bisa cepat dilakukan.

Kolesterol tinggi dan masalah jantung

Jika Anda menemukan ada kerat sedikit ungu pada bagian bawah lidah. Hal itu dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah dengan kolesterol atau jantung.

Masalah pencernaan dan infeksi jamur

Lidah yang terdapat bercak putih dan jumlahnya banyak menandakan bahwa ada masalah pada pencernaan atau ada infeksi jamur di area lidah. Karena itu fungsi dari pembersih lidah diperlukan untuk mengikis jamur pada lidah dan mengurangi risiko masalah pencernaan.

Kekurangan zat besi dan vitamin B

Kekurangan zat besi juga dapat terlihat dari lidah. Umumnya mereka yang kekurangan zat besi lidahnya bertekstur agak kasar. Namun jika tidak ada tanda-tanda tersebut tapi tubuh terasa lemas karena kekurangan zat besi dan vitamin B, dalam kondisi ini anda harus cek ke dokter.

Stres dan masalah pada sistem kekebalan tubuh

Ketika seseorang berada di bawah tekanan atau mengalami stres, lidah akan cenderung kering. Minum banyak air dan ambil langkah yang dapat meredakan stres dapat membantu mengembalikan kondisi lidah dalam keadaan normal. Jika gejala itu berlanjut, ada kemungkinan menderita gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Kebersihan mulut yang buruk

Mereka yang tidak menjaga kebersihan area mulut dapat terlihat dari warna lidah. Biasanya mereka yang mengalami hal ini memiliki warna lidah yang cenderung menghitam. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan merokok dan kondisi mulut yang jarang diperhatikan. Demikian seperti dikutip Boldsky, Kamis (3/11/2016).   

Kekurangan vitamin

Tubuh yang kekurangan vitamin disertai demam membuat warna lidah jadi kemerahan. Untuk mengatasi masalah ini, perbanyak konsumsi makanan bervitamin, khususnya vitamin B dan obat pereda demam. (nn/okezon)


Top