Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Mata panda memang sering disebabkan oleh kurang tidur. Kelelahan dan kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi lebih pucat, serta aliran darah di bawah kulit terlihat lebih kebiruan atau gelap. Selain kurang tidur, mata panda juga bisa diakibatkan oleh:
  •     Usia
    Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kolagen dan menjadi lebih tipis. Lingkaran hitam pun akan menjadi lebih terlihat di sekitar mata.
  •     Alergi
    Pada kondisi alergi tertentu seperti dermatitis atopik, lingkaran hitam pada mata juga sering kali timbul. Apalagi jika kulit sekitar mata sensitif, bila digaruk atau digosok juga dapat menyebabkan munculnya mata panda.
  •     Faktor genetik
Sama halnya dengan varises, lingkaran hitam pada mata dapat disebabkan oleh faktor genetik.
  •     Anemia
    Kurangnya asupan nutrisi dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di sekitar mata. Salah satu kondisi yang paling sering menyebabkan hal ini adalah anemia defisiensi besi.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata panda, di antaranya:

1. Cukup beristirahat
Cukup beristirahat tak hanya dapat mencerahkan area sekitar mata, tetapi juga membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi.

2. Kurangi konsumsi alkohol dan kafein

Konsumsi alkohol dan kafein yang berlebih dapat menyebabkan dehidrasi ringan dan membuat lingkaran mata hitam terlihat lebih jelas.
 
3. Kurangi konsumsi garam

Konsumsi garam dapat menyebabkan retensi cairan (air tertahan di dalam tubuh), sehingga dapat menyebabkan timbulnya kantong mata.

 4. Gunakan krim pencerah khusus mata

Gunakan krim pencerah khusus mata. Sebab kulit sekitar mata berbeda dari kulit tubuh lainnya. Jangan lupa juga untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dan rajin menggunakan tabir surya.

Untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata, bisa juga dilakukan injeksi filler dan laser. Injeksi filler dapat membantu apabila masalah Anda disebabkan oleh berkurangnya lemak di sekitar mata.


Top