Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com , Padang --Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padang pariaman, Sumatera Barat, memprakirakan hujan akan  mengguyur beberapa daerah di Sumbar.  

"Hujan yang terjadi di Sumbar memang tidak begitu merata, namun estimasinya diperkirakan hingga Rabu siang, dan pada malam hari juga diprediksi hujan akan turun kembali," jelas Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman Budi Samiaji saat dikonfirmasi dari Padang, Rabu.

Ia menyampaikan potensi hujan yang disertai angin tersebut terjadi pada wilayah Kabupaten Agam, Kota Pariaman, dan sekitarnya Kemudian daerah lainnya yaitu Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai dan sekitarnya.



"Kondisi ini hampir merata pada seluruh wilayah Sumbar," tambah Budi.

Selain itu pada Oktober ini potensi hujan untuk daerah Sumbar cukup tinggi karena sudah memasuki musim hujan atau basah.

"Tidak hanya hujan, tetapi juga disertai angin, namun sifatnya insidentil atau tidak setiap waktu kencang. Secara umum kecepatannya 30 hingga 40 kilometer per jam," ujarnya.

Budi mengimbau warga Sumbar agar berhati-hati terhadap wilayah yang rawan longsor seperti Jalan Lintas Sumatera Padang Panjang tepatnya di Silaiang Kariang, dan beberapa daerah lainnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Zulfiatno mengatakan pergerakan tanah di sejumlah wilayah Sumbar cukup tinggi dan berpotensi longsor terutama pada musim hujan, oleh karena itu masyarakat diingatkan untuk waspada.

"Secara umum daerah Agam, Solok, dan Pasaman memiliki pergerakan  tanah yang relatif tinggi. Pada musim hujan masyarakat harus waspada," katanya.


Top