Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com , Padang -- Kepada kepala SMK untuk bisa membuka bursa kerja bagi lulusan sederajat sebagaimana yang dilaksanakan SMKN 1 Padang lewat, Demikian disampaikan oleh Wali Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah.

"Siswa SMK dibentuk untuk siap bekerja, sudah saatnya pimpinan mencarikan kesempatan kerja bagi tenaga yang telah dikatakan terampil," kata Mahyeldi di Padang, Kamis.

Menurutnya sebagai langkah awal SMK membuka bursa kerja dengan memperkuat hubungan dengan banyak instansi yang membuka lapangan kerja.

Dengan catatan instansi tersebut sesuai dengan jurusan dan program yang diajarkan pada sekolah masing-masing.Meskipun demikian, dalam hal ini kepala sekolah bisa menjamin lulusannya memiliki kompetensi mumpuni di dunia kerja.


"Membentuk siswa jadi lulusan yang siap kerja inilah menjadi modal kepercayaan dari perusahaan," tambahnya.

Apa yang dilakukan SMKN 1 dengan mengundang 60 perusahaan untuk membuka lapangan kerja patut dicontoh oleh sekolah kejuruan lainnya.

Menurut Mahyeldi saat ini banyak lulusan SMK yang berprestasi, bahkan beberapa di antaranya memegang posisi penting di dunia pemerintahan.

Sebagai contoh Sekolah Menengah Analisis Kimia (SMAK) yang disebut telah memiliki kualifikasi mumpuni untuk masuk dalam dunia kerja. Bahkan hampir seluruh analis laboratorium yang bekerja di Sumbar merupakan lulusan dari SMAKPA tersebut.

Selain itu seperti sekolah pelayaran setiap tahunnya menghasilkan calon pelaut andal atau tentara kelautan.

"Tinggal saja meminta kualifikasi jelas dari perusahaan yang akan ikut pada bursa kerja," ujarnya.

Untuk itu katanya, agar bisa memenuhi kualifikasi permintaan perusahaan, perubahan kurikulum di tatanan pembelajaran SMK perlu dilakukan.

"Penguatan praktek dan keterampilan tetap diprioritaskan namun pendalaman ilmu pengetahuan serta penguasaan teknologi dan bahasa Inggris juga harus dilakukan," ujarnya.
(d3)


Top