Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.JAKARTA - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang selalu diadakan setiap tahun dinilai tidak perlu. Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat Pendidikan, M Abduhzen saat dihubungi Okezone, Senin (31/10/2016).

Ujian Nasional (UN) setiap tahunnya selalu menjadi agenda wajib yang harus dilalui oleh para siswa baik di jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. UN sendiri mulai diberlakukan sejak 2003 dengan nama Ujian Akhir Nasional.

"UN sebagai pemetaan, diperlukan, tetapi tidak perlu setiap tahun. Misalnya cukup tiga atau empat tahun sekali," ungkapnya.

Abduhzen mengatakan bahwa penyelenggaraan UN yang dilakukan setiap tahun hanya pemborosan. "Hal ini penting karena kalau setiap tahun, hanya pemborosan sebab perubahan hasil belajar secara kolektif tidak berubah secara revolusioner setiap tahun," imbuhnya.

Baru-baru ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa pemerintah mewacanakan untuk penghapusan UN. Penghapusan tersebut dilakukan bagi sekolah-sekolah yang sudah memiliki nilai akademik di atas rata-rata standar nasional.

Sehingga sekolah dengan nilai akademik di atas rata-rata tersebut tidak perlu mengikuti ujian nasional. Abduhzen menambahkan agar penghapusan UN tersebut jangan dilakukan sebagian. (nn/okezon)




Top