Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.JAKARTA – Meski diketahui Aceh merupakan salah satu daerah dengan indeks kerawanan pemilu (IKP) tinggi selain Banten dan Papua Barat, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan optimis pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 di Provinsi Aceh akan berlangsung damai.
"Saya yakin (Pilkada) Aceh akan berjalan aman. Rawannya itu kan karena banyak kepala daerah tingkat duanya, dan calon gubernurnya begitu banyak. Rawannya di situ," kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Tjahjo juga mengakui penyelenggara pilkada dan pihak terkait memberi perhatian khusus pada Aceh, mengingat daerah ini merupakan yang paling banyak menggelar pilkada yakni 20 kabupaten/kota.

"Makanya Bawaslu-Kemendagri mencermati bahwa Aceh potensi yang dicermati. Tapi, saya yakin semua punya komitmen untuk sejuk, untuk demokratis. Tapi karena jumlah pilkadanya paling besar di Aceh, harus dicermati dengan baik," ujar dia.

Tjahjo berharap Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh yang hari ini dilantik yakni Sudarmo dapat ikut serta mengawal pengamanan pilkada di provinsi paling barat Indonesia tersebut.

Dalam melaksanakan tugasnya, Plt Gubernur harus melibatkan semua perangkat kerja daerah, termasuk TNI/Polri dan tokoh masyarakat.

"Di situ ada kepolisian, TNI, kejaksaan, pengadilan negeri, belum cukup, pemda juga ada tokoh masyarakat, tokoh agama. Dalam setiap pengambilan keputusan politik oleh pimpinan daerah, khususnya plt, unsur-unsur tersebut harus dilibatkan," pungkas Tjahjo. (nn/okezon)


Top