Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


Suryanews911.com, Info Sehat -- Cuci tangan di air kobokan telah menjadi suatu hal yang biasa. Bahkan, di beberapa restoran, kobokan kerap disuguhkan sebelum makanan utama datang. Beberapa orang pun lebih memilih untuk mencuci tangan di air kobokan, padahal tersedia keran air untuk mencuci tangan. Alasannya beragam, mulai dari kepraktisan hingga malas berdiri dan beranjak ke keran air tersebut.

Apakah mencuci tangan di air kobokan lantas dapat membersihkan tangan? Ternyata tidak. Alih-alih membersihkan tangan, mencuci tangan di air kobokan justru dapat menambah populasi kuman di tangan Anda.



Kuman hanya lepas dan kemudian menempel lagi

Center for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan untuk mencuci tangan di bawah air mengalir. Tujuannya jelas, agar kuman-kuman ini dapat tersapu bersih, menjauh dari tangan Anda.

Bisa Anda bayangkan apa yang terjadi bila Anda mencuci tangan di air yang tidak mengalir, hanya di wadah tertentu seperti air kobokan? Kuman yang asalnya dari tangan Anda akan terlepas, larut dalam air, kemudian menempel lagi ke tangan Anda. Dengan demikian, misi membersihkan tangan jelas tidak dapat tercapai dengan cuci tangan di air kobokan ini.

Terjangkit kuman dari orang lain

Apakah wadah berisi air kobokan ini merupakan wadah sekali pakai? Umumnya tidak. Wadah akan digunakan secara bergantian, dari satu orang ke orang lainya. Air kobokan dalam wadah ini memang diganti, namun bagaimana dengan pencucian wadah itu sendiri?

Kuman dari tangan pengguna sebelumnya akan menempel di dinding wadah kobokan. Bila wadah tidak dicuci dengan bersih, kuman-kuman yang berasa di dinding wadah kobokan akan turut menempel pada tangan Anda. Mengerikan, bukan? Penambahan kuman ini dapat menjadi awal mula terjangkitnya seseorang dengan berbagai virus dan bakteri. Penyakit-penyakit yang dapat disebabkannya sangat beragam, mulai dari diare, infeksi saluran napas, influenza, hingga tifoid.

Cucilah tangan di bawah air mengalir dan gunakan sabun. Agar tangan benar-benar bersih, lakukanlah minimal selama 20 detik. Setelah itu, jangan lupa mengeringkan tangan dengan tisu sekali pakai untuk menjaga kebersihannya.
(d3/klikdokter)


Top