Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat--INGIN bebas dari ancaman gigi kuning di kemudian hari? Waspadai makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Berikut ini penjelasan dari drg. Callista Argentina.
Senyum cemerlang adalah senyuman yang menampilkan deretan gigi putih bersih. Sayangnya, untuk memiliki gigi putih berseri bukanlah perkara mudah. Apalagi jika Anda sering mengonsumsi makanan ataupun minuman yang meninggalkan stain (noda kuning) di gigi. Bukannya putih berseri, bisa-bisa gigi Anda malah semakin kuning.

Jika Anda ingin terbebas dari ancaman gigi kuning di kemudian hari, berikut beberapa makanan dan minuman yang harus diwaspadai:

1.  Kopi

Kopi memang bisa meningkatkan stamina dan mencegah kantuk. Namun, kandungan tanin (asam tanat) pada minuman ini dapat menyebabkan plak pada permukaan gigi menjadi kecokelatan, sehingga gigi tampak menguning. Tak hanya itu, tanin juga membuat pH pada kopi menjadi rendah atau bersifat asam. Kondisi ini dapat melunakkan email gigi, sehingga gigi makin mudah untuk disusupi zat warna.

2.Minuman bersoda

Minuman bersoda memiliki tingkat keasaman yang tinggi, yaitu 2,52. Zat asam, pewarna buatan dan komponen pemanis buatan dalam minuman ini dapat melunakkan enamel gigi, sehingga dapat mencetuskan terjadinya karies gigi atau gigi berlubang. Enamel gigi yang lunak rentan untuk disusupi noda, sehingga gigi akan lebih mudah untuk berubah warnanya.

Untuk mencegah gigi kuning, bukan berarti Anda harus menghindari makanan ataupun minuman di atas sama sekali. Anda hanya perlu membatasi konsumsinya. Tak lupa juga untuk menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari, dan kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.   

3. Buah-buahan

Blueberry, blackberry, stroberi, ceri, delima merah dan buah-buahan lain dengan warna mencolok dapat menyebabkan noda pada gigi. Begitu juga jus dan kue yang disertai dengan campuran dari buah-buahan tersebut. Sedangkan, buah-buahan dengan warna yang lebih pucat –seperti anggur hijau, dan cranberi memiliki kemungkinan lebih kecil dalam menyebabkan noda pada gigi. Meski demikian, buah tersebut mengandung asam yang dapat melunakkan enamel gigi Anda.

4.Teh

Teh bisa dikatakan sebagai minuman yang baik bagi kesehatan. Namun demikian, terlalu banyak mengonsumsi minuman ini bisa membuat gigi Anda menjadi kuning, terutama jenis teh hitam. Ini karena teh hitam mengandung banyak tanin, sehingga lebih agresif menodai gigi dibandingkan dengan teh hijau, teh herbal, dan teh putih.

5.  Kecap dan saus

Makanan terasa lebih nikmat bila ditemani oleh kecap, saus sambal, saus tomat ataupun saus kari. Sayangnya, meski bersahabat dengan lidah, jenis-jenis pelengkap makanan tersebut adalah ‘musuh’ gigi Anda. (nn/okezon)


Top