Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com, Pariaman -- Harga cabai merah di Kota Pariaman, Sumatera Barat, (Sumbar) mengalami kenaikan mencapai Rp 65.000 per kilogram atau naik Rp15 ribu dari harga sebelumnya yang hanya Rp 50.000,- , kenaikan ini di picu karena kurangnya pasokan.

"Kenaikan harga cabai merah sudah terjadi sejak sepekan terakhir akibat kurangnya pasokan dari berbagai daerah penyedia," kata salah seorang pedagang di Pasar Pariaman Jefri, di Pariaman, Minggu seperti dilansir antarasumbar.

Ia mengatakan kenaikan harga cabai merah tersebut tidak langsung drastis, karena sebelumnya pasokan cabai masih bisa didatangkan dari daerah lain.

Kenaikan harga cabai tersebut sebut dia, akibat cuaca buruk yang melanda beberapa daerah di Sumbar dan Pulau Jawa sehingga ketersediaan pada tingkat petani menjadi berkurang.



"Kami para pedagang juga mengeluh kepada agen, para petani banyak yang mengalami gagal panen karena cuaca buruk akhir-akhir ini," jelasnya.

Untuk Kota Pariaman sendiri, ia mengaku pasokan cabai merah didatangkan langsung dari daerah lain di Sumbar dan Pulau Jawa. Selain cabai merah, tomat dan sayur wortel juga mengalami kenaikan harga akibat kurangnya pasokan dari petani.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit mengungkapkan kenaikan harga tersebut dipicu kurangnya pasokan atau ketersediaan dari petani lokal maupun luar daerah.

"Kenaikan harga tersebut memang sudah terjadi beberapa hari terakhir, namun tim pemantau dari Diskoperindag telah ditunjuk untuk selalu mengawasi pedagang agar tidak menumpuk dan menjual harga terlalu tinggi," kata dia, saat di konfirmasi.

Ia mengatakan untuk Kota Pariaman biasanya pasokan cabai merah, sayur dan buah diperoleh dari Sumbar, Bengkulu dan Pulau Jawa.

(d3)


Top