Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com, Agam -- Dua bunga Rafflesia arnoldii kini tengah mekar di pekarangan rumah Joni Hartono, warga Jorong Batang Palupuah, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Sumbar. Bunga raksasa itu mulai mekar semenjak Sabtu, 15 Oktober 2016.

"Kini usianya sudah 5 hari. Biasanya bunga ini mekar hanya seminggu," kata Joni seperti dilansir klikpositif.

Mekarnya bunga langka ini, membuat banyak orang yang berkunjung ke sana, kata Joni. Mulai dari masyarakat Palupuah, Bukittinggi, luar Sumbar, rombongan guru dan siang tadi ada rombongan turis dari Eropa. Untuk melihat bunga yang tumbuh di pekarangannya ini Joni hanya memungut uang pemeliharaan ala kadarnya.

Bungan Tersebut tumbuhnya di belakang SD 01 Batang Palupuah. Jika dari Bukittinggi, anda harus menempuh Jalan Raya Bukittinggi-Medan sejauh 12 km dan untuk sampai pada lokasi ini anda belok kiri di jalan kecil yang sedikit menanjak setelah tugu perjuangan Batang Palupuah.



Rafflesia arnoldii adalah bunga raksasa yang tergolong langka. Bunga ini sering tumbuh di sekitar akar pohon yang menjadi inangnya. Berbeda dengan bunga bangkai, raflesia tidak memiliki daun sehingga ia tumbuh sebagai parasit dengan mengambil makanan dari inang. 

Batang Palupuah telah menjadi lokasi tumbuhnya Rafflesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Keberadaan Rafflesia inilah yang menyebabkan penjajah Belanda melindungi hutan di Batang Palupuah pada 1921 dan menjadikannya sebagai Cagar Alam Batang Palupuah.
(d3)


Top