Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com, Bengkulu -- Gempa tektonik telah mengguncang Provinsi Bengkulu sebanyak dua kali, Jumat (14/10/2016). Guncangan gempa yang berpusat di Barat Daya Tais, Kabupaten Seluma itu pertama kali terjadi sekira pukul 00.07 WIB, dengan kekuatan 4,0 Skala Richter (SR). 

Gempa itu berlokasi di 4.43 Lintang Selatan, 101.88 Bujur Timur, yang berada di 79 kilometer (km) Barat Daya, Tais, dengan kedalaman 15 km.

Selang satu jam kemudian, tepatnya sekira pukul 01.10 WIB, gempa tektonik kembali terjadi di wilayah itu dengan kekuatan 3,4 SR. Gempa kedua ini berlokasi 4.31 Lintang Selatan, 102.20 Bujur Timur, yang berpusat 45 km Barat Daya, Tais, dengan kedalaman 25 km. 

Meskipun demikian, goncangan gempa tersebut tidak begitu dirasakan warga setempat, dan berdampak kerusakan pada bangunan rumah, sarana umum, pendidikan, ibadah, kesehatan dan sarana lainnya. 


 ''Di Tais, masuk dalam jalur subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah dan lempeng Eurasia. Sehingga aktivitas gempa sering terjadi di beberapa kabupaten di Bengkulu, termasuk Kabupaten Seluma,'' kata Litman, Jumat (14/10/2016). 

Litman menjelaskan, gempa yang terjadi dua kali di wilayah Seluma, tidak berpotensi gelombang tsunami. Meskipun kedalaman gempa cukup dangkal. Sebab, skala kekuatan gempa masih dibawah 7,0 SR. 

Namun, sampai dia, dirinya mengimbau agar masyarakat Bengkulu tetap waspada terhadap getaran gempa yang sewaktu-waktu bisa terjadi, sebab gempa tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi begitu juga dengan besaran gempa. 
(d3/okezone)


Top