Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com, Info Sehat -- Mata merah dapat disebabkan oleh banyak hal. Pelebaran pembuluh darah karena peradangan ini dapat disebabkan oleh iritasi atau infeksi. Perlu Anda ketahui, beberapa penyebab mata merah ada yang tidak berbahaya dan ada juga yang berbahaya, tergantung dari faktor yang membawanya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis penyebab mata merah yang perlu Anda ketahui:
  •     Iritasi Mata

Mata merah dapat disebabkan oleh hal-hal yang menyebabkan iritasi, seperti udara yang kering, sinar matahari yang terlalu menyengat, debu, terdapatnya benda asing di mata, alergi, flu, atau bahkan trauma pada mata. Iritasi tersebut menyebabkan pembuluh darah mata melebar sehingga bagian mata yang berwarna putih (sklera) pun menjadi merah.
  •     Mata Kering (Dry Eyes)

Kelembapan dan kenyamanan mata sangat ditentukan oleh air mata. Komponen air mata sendiri terdiri dari air yang berfungsi sebagai pelembab, minyak untuk lubrikasi, cairan mukus yang melindungi lapisan sel serta organ, dan antibodi serta protein khusus untuk melindungi mata dari infeksi. Komponen-komponen ini berasal dari kelenjar air mata yang berada di sekitar mata. Ketika terjadi masalah pada kelenjar air mata, seseorang dapat mengalami mata kering atau dry eyes. Pada kondisi ini, mata merah dapat disertai dengan keluhan gatal, rasa mengganjal, nyeri, banyak air mata dan pandangan kabur.

  •     Perdarahan Subkonjungtiva

Bila terdapat bercak darah yang tidak terasa sakit pada bagian putih mata, maka kemungkinan besar itu adalah perdarahan subkonjungtiva. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh batuk atau trauma pada mata yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil mata. Meski terlihat mengkhawatirkan, namun sebenarnya hal ini tidak berbahaya. Bercak darah karena perdarahan subkonjungtiva biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam 1-2 minggu.
  •     Infeksi atau Peradangan Mata

Keluhan mata merah yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan mata sering diikuti dengan rasa gatal, adanya kotoran mata, rasa sakit pada mata dan gangguan penglihatan.

          a. Blefaritis

Peradangan yang melibatkan kelopak mata. Menyebabkan pembengkakan kelopak mata dan mata merah dan berair.

          b. Konjungtivitis

Peradangan konjungtiva, suatu lapisan jaringan yang melapisi kelopak mata bagian dalam dan permukaan mata.

          c. Ulkus kornea

Ulkus/ luka pada bagian kornea mata.

          d. Uveitis

Peradangan pada uvea (lapisan tengah mata yang dilindungi kornea).
  •     Glaukoma Akut

Adalah kondisi serius ketika tekanan bola mata tiba-tiba meningkat. Keluhan yang muncul termasuk mata merah, nyeri, berair, mual dan pandangan kabur atau berkabut. Ini adalah keadaan darurat sehingga Anda harus segera mengunjungi dokter spesialis mata untuk penanganan segera.
  •     Masalah pada Kornea Mata

Dapat menyebabkan iritasi seperti bila terkena debu, pasir, daun atau penggunaan kontak lensa dapat menyebabkan mata merah.
Jika setelah beberapa hari tidak ada perbaikan keluhan mata merah atau muncul gejala-gejala lain yang menyertainya, maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan mata secara menyeluruh.


Top