Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

Suryanews911.com, Info Sehat -- Rutin meminum air putih ketika perut kosong saat bangun tidur memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Terbukti, rutinitas ini berdampak positif seperti yang dialami masyarakat Jepang. 

Tak seperti Amerika Serikat dan negara-negara barat lainnya, masyarakat Jepang tidak ada yang menderita permasalahan obesitas dan diabetes. Ini salah satunya disebabkan karena masyarkat Jepang memiliki rutinitas minum air putih saat pagi hari ketika perut kosong.

Dengan rutin meminum 640 ml air putih 30 menit sebelum sarapan di pagi hari, Anda akan dapat menurunkani diabetes dan tekanan darah tinggi dalam waktu 30 hari, menghilagkan sembelit dan gastritis, tuberkolosis dalam waktu 90 hari.



Selain itu, dilansir Lifehack, berikut delapan manfaat lainnya dari rutin meminum air putih saat perut kosong di pagi hari.

  • Membantu menghilangkan racun dalam tubuh

Air secara alami menghilangkan racun-racun yang berbahaya sehingga membuat tubuh Anda menjadi lebih segar dan sehat. Banyak meminum air putih dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

  • Meningkatkan metabolisme

Minum air saat perut kosong dapat meningkatkan tingkat metabolisme hingga 24 persen. Bagi orang yang sedang program diet ketat, kebiasaan minum air putih ini sangat dianjurkan sekali.Jika metabolisme meningkat, secara otomatis sistem pencernaan juga akan meningkat. Minum air sesaat setelah bangun dapat membersihkan usus besar, sehingga memungkinkan menyerap nutrisi lebih banyak.

  • Mencegah kenaikan berat badan

Ketika minum air putih di pagi hari pada waktu perut kosong, Anda akan melepaskan semua racun dan itu akan meningkatkan sistem pencernaan Anda. Anda akan merasa jarang lapar dan keinginan makan akan berkurang. Ini akan mencegah kenaikan berat badan yang disebabkan oleh makan berlebihan.

  • Meredakan mulas dan gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh peningkatan keasaman di perut. Anda akan merasa mulas ketika asam dialirkan balik ke kerongkongan Anda. Ketika Anda minum air saat perut kosong, asam ini didorong ke bawah untuk diencerkan.

  • Meningkatkan kilau kulit

Dehidrasi menyebabkan keriput dini dan pori-pori yang mendalam di kulit. Dalam sebuah studi menyebutkan meminum 500 ml air pada waktu perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit menjadi bercahaya. Selain itu, meminum lebih banyak air sepanjang hari membuat tubuh Anda melepaskan racun, yang akan membuat kulit Anda lebih bercahaya.

  • Menyehatkan rambut

Dehidrasi dapat memiliki dampak serius pada pertumbuhan rambut Anda. Air berkontribusi dalam menambah massa rambut. Kekurangan asupan air dapat menyebabkan rambut rapuh dan helaian rambut tipis. 

  • Mencegah penyakit batu ginjal dan infeksi kandung kemih

Minum air segera setelah bangun penting untuk mencegah penyakit batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Meminum air putih pada waktu perut kosong mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang Anda minum akan membuat Anda terhindar dari berbagai macam infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh racun.

  • Memperkuat Sistem kekebalan

Minum air saat perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang menyebabkan peningkatan kadar imunitas. Sebuah sistem kekebalan yang kuat akan membuat Anda aman dari berbagai penyakit dan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit.


Top