Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


SuryaNews911.JAKARTA - Pungutan liar (pungli) di tubuh polri sudah menjadi lingkaran setan. Pasalnya, hal itu sudah terjadi puluhan tahun. Hal ini dikatakan Pemerhati kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto, kepada Okezone, Sabtu (15/10/2016).

"Karena sudah terjadi puluhan tahun yang melibatkan tak hanya petugas di bawah tapi juga para perwira di atas. Memangkas pungli yang terkait pelayanan publik seperti SIM dan STNK maupun pungli di jalanan memang bagus, tapi tak akan memberikan warna yang signifikan bila pungli di internal Polri juga tak dibongkar," ujarnya.

Upaya Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk memberantas pungli di tubuh polri hanya akan menjadi lips service bila tidak dilakukan secara integral dan menyeluruh. Ia pun disarankan untuk melakukan perombakan di jajaran anggota yang terindikasi rawan pungli.

"Perombakan dan pengawasan di bidang-bidang yang terkait menjadi akar pungli di tubuh polri harus dilakukan. Menjalin kerjasama dalam pengawasan dengan lembaga masyarakat tentu akan menjadikan polri makin profesional," kata Bambang.

Ia juga menilai jika slogan polri “promoter atau profesional, modern dan terpercaya akan lebih mudah dilakukan bila polri membuka diri untuk bekerjasama dan mau diawasi masyarakat. Bambang pun mengharapkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk menyuarakan harapan publik pada polri. (nn/okezon)




Top