Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.JAKARTA –Aparat penegak hukum maupun pemerintah diminta memberantas praktik pungutan liar (pungli) secara menyeluruh. Hal ini dikatakan  Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu,  saat dihubungi Okezone, Sabtu (15/10/2016) malam.
‎"Harusnya operasi pemberantasan pungli tidak boleh sepotong-sepotong, harus menyeluruh karena ini bukan barang baru. Karena dulu pernah dilakukan, tapi tidak menyeluruh," ujar Masinton.

Praktik pungli yang dapat merugikan masyarakat tersebut sudah berakar di lembaga maupun instansi pemerintah. Aparat penegak hokum pun perlu menangani secara serius.

"Pungli itu kan sudah berurat berakar dan ada di seluruh instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik," tegasnya.

Masinton menilai bahwa aspek pencegahan terhadap pungli juga perlu dilakukan. Hal itu agar terbentuk sistem pelayanan publik yang bersih.

Sekadar diketahui, enam oknum pejabat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tertangkap tangan melakukan praktik pungli beberapa waktu lalu.

Selain oknum pejabat Kemenhub, sejumlah anggota polisi juga kedapatan terlibat dalam praktik pungli di sejumlah daerah Indonesia dengan berbagai kasus. (nn/okezon)


Top