Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


 SuryaNews911.InfoSehat--BERDASARKAN sejarah, kapulaga sering digunakan sebagai bahan penyedap masakan, dikarenakan tekstur dan aromanya yang khas.

Rempah-rempah ini pada umumnya tumbuh liar di daerah hutan yang masih lebat dan subur. Namun karena berkhasiat untuk kesehatan, kapulaga mulai dibudidayakan oleh sebagian orang.

Dilansir dari Sunwarrior, berikut 5 manfaat kapulaga bagi kesehatan tubuh manusia, Minggu (23/10/2016).

Menghilangkan bau mulut

Di India, kapulaga sering dikonsumsi dengan cara mengunyah bagian biji-bijiannya, terutama setelah selasai menyantap makanan. Hal tersebut dipercaya dapat membantu menyegarkan saluran pernafasan, sehingga terhindar dari bau mulut yang menyengat.

Pencernaan

Khasiat kapulaga hampir mirip dengan jahe. Rempah-rempah ini dapat digunakan dalam banyak cara yang sama untuk mengatasi masalah pencernaan. Mulai dari mencampurkannya pada masakan, atau hanya sekedar merebusnya seperti halnya wedang jahe. Selain itu, kapulaga juga sangat manjur untuk menghilangkan rasa mual, kembung, mulas, kehilangan nafsu makan, sembelit, dan masih banyak lagi.

Detoksifikasi

Kapulaga dapat membantu untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh, khususnya yang berasal dari ginjal.

Menghilangkan depresi

Menurut penelitian, kapulaga mengandung zat Ayurvedic yang sangat ampuh untuk melawan depresi. Namun, harus dilakukan penelitian yang lebih lanjut, untuk memaksimalkan hal tersebut.

Membersihkan kantung kemih

Selain dapat melancarkan pencernaan, kapulaga juga disinyalir mengandung zat diuretik yang bermanfaat untuk membersihkan kantung kemih, menghentikan infeksi, serta mengurangi kandungan garam dalam tubuh.

Mengurangi tekanan darah

Sebagai rempah-rempah yang kaya akan zat diuretik dan serat larut, secara signifikan kapulaga juga mampu menurunkan tekanan darah.   

Melawan kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, kapulaga sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan, dan bahkan membunuh kanker.(nn/okezon)


Top