Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat -- Ada saatnya ketika liburan Anda merasa tak perlu diet dan bebas makan apa saja. Liburan telah usai dan akhirnya Anda harus kembali melanjutkan diet sehat. Bagaimana caranya agar semangat diet sehat muncul kembali? Anda bisa melakukannya pelan-pelan dengan trik sederhana berikut, dilansir dari Eating Well, Kamis (8/9).


Sarapan

Mulailah pagi hari Anda dengan sarapan. Trik pertama, ganti roti putih biasa dengan dua potong roti gandum untuk menghemat 35 kalori. Tetap oleskan selai kacang pada roti panggang Anda. Anda tetap bisa menambahkan susu rendah lemak, bukan susu krim ke dalam kopi untuk menghemat 100 kalori tanpa merasa kehilangan nikmatnya kopi. Kurangi porsi sereal atau oatmeal, misalnya dari setengah cangkir menjadi cukip sepertiga cangkir. Penuhi mangkuk Anda dengan buah.


Makan siang

Jika sandwich adalah menu pilihan Anda untuk makan siang, tukar mayonais dengan minyak sehat untuk dioleskan di atas roti. Ini bisa menghemat 180 kalori.

Taburi atasan roti dengan mentimun, selada, dan irisan tomat. Makan sandwich dengan sayuran banyak dan hanya sedikit daging atau keju bisa menjadi pilihan baik.

Kunci membuat salad tidak membosankan adalah menyiapkan bahan berupa bayam yang ditaburi sayuran berwarna, seperti potongan dadu timun, paprika, dan artichoke. Selanjutnya tambahkan protein tanpa lemak, seperti kacang, ayam panggang, atau tuna. Sertakan seporsi kecil karbohidrat dari gandum sehat, seperti quinoa kemudian tambahkan sedikit saus, maksimal dua sendok makan saja.


Camilan

Anda tetap bisa menikmati camilan atau kudapan ringan dalam keseharian. Pilihlah jenisnya secara bijaksana untuk membantu mengelola rasa lapar sekaligus tetap memberi nutrisi ke tubuh. Buah dan sayuran merupakan asupan terbaik, selain taburan seledri dengan selai kacang, atau blueberry dengan sesendok yoghurt.

Jenis lain yang bagus untuk kudapan adalah keju rendah lemak, hummus, kacang yang dicampur menjadi satu. Jika Anda menginginkan makanan renyah dan gurih, pilih pop corn, bukan keripik. Tiga cangkir pop corn bisa menghemat sekitar 75 kalori dibandingkan sekantong kecil keripik kentang.


Makan malam

Sayuran rendah kalori cocok untuk makan malam. Tukar kembang kol Anda dengan kentang untuk menghemat 90 kalori. Spaghetti labu untuk pengganti pasta juga menghemat 130 kalori.

Isilah setengah dari piring makan malam Anda dengan sayuran, kemudian lengkapi dengan protein tanpa lemak, seperti salmon dan tahu. Pengenyangnya bisa berupa farro atau beras merah pengganti nasi putih.


Pencuci mulut

Jika Anda masih ingin makanan pencuci mulut di akhir makan malam, Anda tak perlu sedih. Coba sepotong kecil coklat hitam (dark chocolate) untuk menghemat 100 kalori.(ys/rol)


Top