Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.PADANG - Demi menjalani tradisi yang mereka percaya turun-temurun, sebanyak 24 warga Suku Dalam, Kabupaten Muaro Bungo, Provinsi Jambi menginap di pelataran parkir Polsek Kuranji Kota Padang pada Rabu 21 September 2016 malam. Kedatangan warga pedalaman ini untuk menjalani  adat suku tersebut.

Warga Suku Dalam ini telah berjalan kaki dari kawasan Bukit Dua Belas, Kabupaten Muaro Bungo untuk menjalani tradisi Melangun. Sebanyak 24 orang warga Suku Dalam itu merupakan satu keluarga besar. Dalam satu rombongan itu tampak juga anak-anak serta wanita untuk mengikuti tradisi Melangun tersebut.

Seorang kepala keluarga Suku Dalam, Merengko mengatakan, tradisi Melangun merupakan sebuah aturan adat yang harus mereka jalani jika kehilangan satu anggota keluarga. Kalau ada yang meninggal, keluarga tersebut wajib meninggalkan kampung selama 3 bulan. "Harus masuk ke hutan dimana kami tidak bisa khidmat dalam menjalani tradisi Melangun itu," Rabu 21 September 2016 malam.

Setelah dari Padang sebutnya, sebanyak 24 warga Suku Dalam ini rencananya akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Riau, kemudian memutar ke lintas Timur Sumatera tepatnya kawasan Kiliran Jao, dan kembali ke Provinsi Jambi.

"Perjalanan yang akan kami tempuh ada sekitar 50 hari lagi, yang pasti selama 3 bulan itu kami tidak boleh di kampung lagi, kalau tidak kami didenda sebanyak 500 lembar kain," sebut Merengko kemudian.

Dalam perjalanan ini, mereka sengaja tidak membawa bekal yang terlalu banyak. Menurut Merengko dalam perjalanan mereka cukup membawa peralatan untuk memasak saja.

"Bekal makanan tidak banyak, cuma kelengkapan masak yang selalu kami bawa. Jika perjalanan kami buntu di hutan, maka disana kami pasang tenda. Jika buntunya di perkotaan, kami mencari kantor polisi atau tanah lapang untuk beristirahat, yang penting kami tidak diganggu dan tidak menganggu orang lain," paparnya.

Sementara Kapolsek .Kuranji, Kompol Jhon Priyono menyebutkan sebanyak 24 warga Suku Dalam itu sampai di kantor Polsek itu sekitar pukul 18:00 WIB.

"Mereka minta izin untuk istirahat dan tidak menganggu aktifitas disini, makanya kami berikan tempat istirahat, besok mereka rencananya akan melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi," pungkas Kapolsek.
(bt/klikP)


Top