Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911.JAKARTA – Ada sederet pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) usai resmi menggantikan Sutiyoso. Hal ini dikatakan Pengamat Intelijen Wawan Puwanto, kepada Okezone, Sabtu (10/9/2016).

Wawan mengatakan, dari sekian banyak PR yang menanti Budi Gunawan, paling utama adalah memantapkan konsolidasi internal BIN sehingga badan mata-mata ini menjadi lebih kompak.

“Saya kira banyak ya PR, mulai dari sisi ideologi pancasila, sisi politik baik di dalam dan luar negeri, ekonomi, sosial budaya, konflik sosial dan horizontal, kamtibmas, hingga ke masalah pertahanan dan kemanan. Tapi yang paling penting ya konsolidasi ke dalam lah yang pertama,” kata Wawan.

Wawan juga menjelaskan bahwa Kepala BIN layaknya seorang manajer sehingga fungsi manajerial adalah yang paling utama untuk mensolidkan organisasi.

“Ketika dari berbagai lini sudah kompak kemudian bisa saling bekerjasama dan mendukung satu sama lain akan menjadi langkah awal untuk masuk karena tanpa adanya konsolidasi rasanya nanti ada yang timpang di balik ini semua,” sambung dia.

Sementara dari sisi kapasitas, Wawan menila Budi Gunawan mampu menjalankan tugas barunya BIN dengan baik. Pasalnya, jaringan BG semasa di lembaga Bhayangkara bisa makin memperkuat lini intelijennya. (ys/okz)





Top