Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911. BANDA ACEH – Diduga menangkap ikan di perairan Indonesia secara ilegal, kapal berbendera Malaysia ditangkap Direktorat Polisi Perairan Polda Aceh, di perairan Selat Malaka wilayah perairan Indonesia, Minggu 4 September 2016. Hal ini dikatakan Direktur Ditpolair Polda Aceh, Kombes Pol Kasmolan, Minggu (4/9/2016).

Polisi mengamankan kapal bernomor lambung KP Perkakak 3017 itu, beserta lima orang awak kapal. Masing-masing seorang Nahkoda kapal berinisial SR warga negara Thailand dan empat anak buah kapal (ABK) yang juga berasal dari negara yang sama.

Kasmolan mengatakan bahwa saat pemeriksaan, diketahui kapal tersebut tidak memiliki dokumen resmi. Polisi juga menyita barang bukti berupa ikan tangkapan beragam jenis sebanyak 1,5 ton.

“Mereka melakukan illegal fishing di perairan Indonesia dan tidak dilengkapi dokumen resmi, sehingga akhirnya kita tangkap kapal asing ini. Selanjutkan akan diadakan penyidikan dan di proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Kasmolan melalui keterangan tertulisnya.

Sementara itu kapal berbendera Malaysia ini juga tidak memiliki izin menagkap ikan di Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia. Mereka terancam akan dikenai Pasal 93 Ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan. (nn/okezon)


Top