Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.YOGYAKARTA - Jelang Idul Adha Dalam menyembelih hewan kurban, agama Islam memberikan tuntunan, terutama jangan sampai hewan tersiksa menjelang penyembelihan. Pisau untuk menyembelih harus tajam, agar hewan kurban tidak terlalu lama merasakan sakit.

 "Petugas penyembelih atau jagal terlebih dahulu menyebut nama Allah, kemudian saat menyembelih mengumandangkan takbir," kata Prawata. Sebetulnya, tuntunannya sahibul kurban menyembelih sendiri.

 Kalau itu tidak memungkinkan, bisa yang menyembelih orang lain, tetapi sunatnya sahibul kurban menyaksikan saat penyembelihan.

Petugas yang menyembelih menghadap kiblat, posisi hewan saat disembelih kepala ada di selatan, hewan juga menghadap kiblat. Ketika menjatuhkan hewan kurban, jangan sampai menyakiti. Saat ini sudah banyak teknik yang diajarkan bagaimana cara menjatuhkan hewan kurban tanpa menyiksanya.

Hewan yang belum disembelih, jangan sampai melihat proses penyembelihan karena akan membuatnya stres.

Islam mengajarkan menjaga kebersihan yang merupakan sebagian dari iman. Kebersihan selain bagian dari ajaran Islam, juga menjaga higienitas hewan kurban. Menurut Prawata, menyembelih hewan kurban seperti itu sesuai dengan tuntunan Islam.(neni/okzn)


Top