Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.SYDNEY - Australia menjadi salah satu negara dengan harga rokok termahal di dunia. Hal itu disebabkan oleh harga tembakau yang juga tinggi.

Dilansir dari The Independent, harga sebungkus rokok di Australia akan dinaikkan menjadi Rp 500 ribu pada 2020 mendatang. Keputusan tersebut tercatat dalam Undang-Undang baru yang dibuat oleh Parlemen Australia pada Rabu (14/9) lalu.

Retribusi rokok diperkirakan akan naik 12,5 persen selama persen sehingga harga rokok harus naik lebih dari 50 persen.  Harga sebungkus rokok di Australia saat ini berkisar antara Rp 192 ribu sampai Rp 222 ribu. Sedangkan di Inggris perbungkusnya hanya sekitar Rp 129 ribu.

Bendahara Australia, Scott Morrisonfirst, mengatakan, kenaikan pajak tembakau tidak hanya program pemerintah dalam bidang keuangan, melainkan juga bidang kesehatan. Menurutnya, peningkatan cukai tembakau selama dua dekade terakhir menyumbang penurunan yang signifikan dalam jumlah perokok.

"Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah orang merokok adalah dengan meningkatkan harga rokok," kata dia.

Sebelumnya kenaikan pajak pada 2010 dan 2013 telah meningkatkan harga rokok di Australia dua kali lipat dalam enam tahun terakhir. Akibatnya populasi perokok di negara itu menurun menjadi kurang dari 15 persen.(ys/rol)


Top