Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.PASBAR - Dalam rangka  Kontes Ternak dan Bulan Bakti Peternakan Tahun 2016, Livestock Expo mulai dibuka di Lapangan Hijau Jambak, Kecamatan Pasaman, Pasbar-Sumbar Selasa, 20 September 2016.

Winarno Tohir, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional yang menghadiri acara pembukaan itu menyebutkan, "kegiatan tahunan ini harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Sumbar dan masyarakat Pasbar, karena banyak pengetahuan yang akan diberikan, serta adanya layanan kesehatan hewan yang diberikan gratis."

"Kontes ternak ini sekaligus mempersiapkan kabupaten kota untuk mengikuti Pekan Ternak Nasional di Aceh tahun depan,"ujar Winarno. Ke depan livestock expo secara nasional akan diadakan di Sumbar. Oleh karena itu, menurut Winarno, kontes ternak yang diadakan saat ini juga merupakan kesiapan Sumbar untuk menyambut livestock secara nasional.

Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi menambahkan, kontes ternak ini memamerkan ternak unggulan kabupaten kota se-Sumbar hasil Gertak Birahi dan Optimalisasi Inseminasi Buatan (GBIB) serta menyuguhkan pelayanan peternakan dan kesehatan hewan secara gratis.

Sebanyak 115 ekor ternak se Sumbar mengikuti kontes yang diadakan selama tiga hari, 20-22 September 2016. Peserta kontes merupakan ternak unggulan, terbaik, serta sehat.

Sebagai tuan rumah Kontes Ternak,  Bupati Pasaman Barat Syahiran menyampaikan, Pasbar menyambut teknologi peternakan demi pembangunan Pasbar ke depan, karena 100 ribu hektare lahan sawit rakyat siap untuk dijadikan tempat pengembangan peternakan sapi.

"Ini peluang besar bagi masyarakat Pasbar untuk mengembangkan usaha di bidang peternakan sapi. 100 ribu Ha lahan sawit itu bisa untuk peternakan. Bukan tidak mungkin Pasbar akan unggul di bidang peternakan nanti dan bisa keluar dari daerah tertinggal," kata Syahiran.
(bt/KlikP)


Top