Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911.InfoSehat-- Berkembangnya isu virus Zika di negara tetangga, Singapura dan Malaysia, tak ada salahnya Anda mengambil langkah antisipasi virus Zika. Meski hanya gejala ringan, saatnya Anda melakukan tindakan preventif.

Ada beberapa langkah antisipasi untuk mencegah virus Zika. Simak 4 cara berikut, dilansir dari laman Readerdigest, Sabtu (10/9/2016).

Kuras tempat penampungan air

Hanya dengan satu sendok makan air, nyamuk bisa berkembang biak mproduksi 300 nyamuk. Sebagai langkah antisipasi untuk mencegah virus Zika, jangan lupa untuk sering menguras air bak mandi dan kolam ikan.

Pilih obat nyamuk yang tepat

Virus Zika yang ditularkan melalui nyamuk Aedes kepada ibu hamil, menyebabkan sang bayi menderita microcephaly. Memilih obat nyamuk atau pengusir nyamuk sangat disarankan. Mustapha Debboun, PhD, Direktur Divisi Pengendalian Nyamuk dari Harris County Public Health and Environmental Services di Houston, mengatakan obat penolak nyamuk yang mengandung DEET sangat disaarankan.

Oleskan dengan benar

Anda bisa menerapkan obat nyamuk ke seluruh tubuh, terutama di bagian kaki. Pasalnya, nyamuk Aedes yang membawa virus Zika memiliki ketertarikan khusus terhadap kaki. Jangan aplikasikan obat oles nyamuk ke bagian tubuh yang terkena luka.

Berpakaian yang tepat

Mencegah virus Zika bisa dilakukan dari cara Anda berpakaian. Jangan lupa untuk mengenakan celana panjang dan baju lengan panjang. Pakaian yang mengandung permethrin dan insektisida sintesis bisa melindungi Anda dari gigitan serangga, teramsuk mencegah gigitan dari nyamuk pembawa virus Zika. Sangat tak disarankan untuk mengenakan celana spandek, karena nyamuk masih dapat menggigit Anda dengan mudah. (nn/okezon)


Top